AIR PAM KELILING



ini adalah foto penjual air PAM keliling. foto ini saya ambil di Jakarta, tepatnya di daerah Pademangan. umumnya penjualnya adalah bapak-bapak dan menggunakan gerobak seperti yang terlihat pada foto.
menurut saya hal ini unik. pertama, tentunya karena hanya ada di Indonesia. selain itu juga saya merasa penjual air keliling ini hebat, karena kuat mendorong gerobak yang berisi puluhan liter air PAM untuk ditawarkan dari rumah ke rumah. tentunya ini bukan pekerjaan mudah. tapi saya melihat para penjualnya melakukan peerjaan mereka dengan senang hati. setau saya (dulu di rumah saya juga pernah berlangganan air semacam ini) per jerigen mereka harganya hanya sekitar Rp2500,00-Rp3000,00 saja. tapi tenaga yang mereka keluarkan untuk mengangkut air itu sangat besar. dan biasanya dalam sehari mereka tidak hanya mengangkut 1 gerobak, tapi bisa lebih. tergantung permintaan pembeli. jika gerobak pertama sudah habis dibeli, maka mereka akan mengisi lagi jerigen-jerigen yang kosong dan keliling lagi.
ini adalah salah satu keunikan Indonesia yang positif, karena membantu warga yang kesulitan memperoleh air PAM di rumah mereka.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home